LENSA NASIONALLENSA TINSNEWS

94 IUP tidak kantongi Rekomendasi CNC

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih menunggu Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengumumkan 200 Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang belum mengantongi sertifikat Clear and Clean (CNC) dari ESDM.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Bangka Belitung (Babel), Suranto Wibowo menyebutkan dari 1.068 IUP yang terdata baru 700 yang sudah diumumkan ESDM. Oleh karena itu pihaknya hingga saat ini terus mendorong hal tersebut.

“Kita masih mendorong ESDM untuk mengumumkan 200 IUP yang belum mendapatkan pengumuman CNC, ini kita dorong terus dari 1068 itu sekitaran 700 yang sudah diumumkan,” ujar Suranto saat ditemuiĀ  lensababel.com pada Jum’at (3/3).

Suranto menyebutkan ada 94 IUP yang tidak bisa direkomendasikan Distamben untuk memperoleh CNC, hal ini dikarenakan ke 94 IUP ini belum merevisi apa yang menjadi kekurangan dalam persyaratan untuk diberikan rekomendasi CNC. Namun dirinya enggan untuk menyebutkan IUP dimana saja yang tidak bisa direkomendasikan.

“Ada 94 yang tidak bisa kita rekomendasikan penyebab macam-macam seperti tumpang tindih, kemudian luas wilayah dengan luas peta itu tidak sama, penggunaan koordinat yang berbeda, termasuk kawasan konservasi, hutan lindung, kemudian tumpang tindih tidak ada izin dari pemegang IUP yang lama, kalau merekan mau mendapatkan rekomendasi tentu harus merivisi ini” jelasnya.

Menurut Suranto pihaknya akan melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum merekomendasikan ke ESDM, ia menjelaskan verifikasi CNC yang mereka lakukan sesuai dengan ketentuan ESDM yajin melakukan verifikasi data eksploitasi, eksplorasi penyidikan umum, dan operasi produksi.

Suranto mengingatkan kepada pelaku usaha yang IUP nya belum melengkapi persyaratan CNC untuk segera dilengkapi mengingat kesepakatan antara ESDM dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berlaku sejak 1 Januari lalu. Dimana KPK akan menindak perusahaan yang IUP nya belum mengantongi CNC.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button