LENSA NASIONALLENSA TINS

Situasi Kondusif, SK Pemberhentian sementara KIP akan dicabut

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Gubernur Bangka Belitung, Rustam Efendi menegaskan hingga saat ini pihaknya belum mencabut Surat Keputusan Gubernur diterbitkan pada 18 Januari No 540/40/DPE tentang pemberhentian sementara operasional kapal keruk di Laut Kelabat, Laut Tempilang dan Laut Matras hingga situasi benar – benar kondusif.

Menurut Rustam mesikipun sudah satu bulan dikeluarkannya SK tersebut situasi saat ini belum kondusif sehingga dirinya belum mencabut SK tersebut. “Kata siapa sudah saya cabut?, belum ada karena kami masih membahas ini,” katanya usai pelantikan Bupati Serentak di Kantor Gubernur Babel pada Rabu (17/2).

Ia menyebutkan pihaknya baru akan mencabut SK tesebut ketika kondisi kondusif, namun ketika ditanya kondusifitas yang dimaksud Politisi PDI-P ini mengatakan ketika segala sesuatunya sudah tidak ada benturan baik dari masyarakat, Walhi dan pertambangan.

“Semua kan punya hak hidup, nelayan punya hak untuk hidup, Walhi punya hak untuk melindungi lingkungan, nelayan punya hak untuk hidup, oleh karena itu kita harus menghargai ini semua,” ujarnya

Rustam mengakui pihaknya baru saja menggelar pertemuan dengan Kementrian Sumber Daya Energi dan Mineral (ESDM) untuk mengkaji persoalan pertambangan di Babel termasuk masalah SK ini.

“Kami kan baru ketemuan dengan ESDM kemarin ya artinya pihak pemerintah pusat menginginkan kondisi yang kondusif di berbagai pihak,” ungkapnya.

Disinggung soal hasil pertemuan dengan ESDM dirinya menegaskan sekali lagi pemerintah pusat juga menginginkan situasi yang kondusif dulu. “Artinya pemerintah pusat juga mengingkan kondisi yang kondusif agar tidak terjadi benturan dari pihak-pihak tertentu,” tandasnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button