LENSA NASIONALNEWS

Presiden rencanakan saksikan GMT di Belitung

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Presiden RI, Joko Widodo direncanakan menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) secara langsung di negeri laskar pelangi pada 9 Maret 2016 mendatang. Namun belum dipastikan dimana orang nomor satu di Indonesia ini akan bermalam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Bangka Belitung (Babel), KA. Tajuddin mengatakan, dari keterangan Menteri pariwisata, bahwa presiden akan menyaksikan GMT di pantai Tanjung Kelayang, Belitung.

“Kalau tidak ada halangan pak Jokowi hadir di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung. Kepastian dipantai tersebut kita sudah dapat informasi dari Kementerian Parawisata,” ujarnya saat ditemui awak media di ruang kerjanya pada Senin (15/2).

Selain menyaksikan GMT, Jokowi juga dipastikan akan memimpin rapat koordinasi terbatas beberapa menteri terkait pengembangan destinasi unggulan nasional di Tanjung Kelayang. Ia memastikan jika rakor langsung dipimpin oleh presiden, akan lebih cepat perkembangan pembangunan destinasi wisata di daerah tersebut.

“Presiden akan pimpin rapat koordinasi terbatas terkait pariwisata, Tanjung Kelayang jadi prioritas wisata nasional. Bila Presiden pimpin lebih cepat lagi pengembangan pembangunan parawisata dan percepatan destinasi kita, dan tentunya perhatian pemerintah pusat akan lebih besar lagi,” yakin Tajuddin.

Untuk menyaksikan fenomena alam yang langka tersebut, Tajjudin memastikan sudah 8 negara yang akan menyaksikan GMT di Babel. Kedelapan negara tersebut yakni datang dari Jepang, Malaysia, Amerika dan lainnya berasal dari beberapa negara eropa.

“GMT Babel sudah conform ada 8 negara, termasuk beberapa negara eropa seperti Inggris. Mereka ini tidak hanya menginap di Pangkalpinang dan Bangka Tengah saja, ada juga yang menginap di Kabupaten Bangka, seperti Hotel Parai Sungailiat sudah 30 kamar yang dipesan dari Jepang. Begitu pun dengan Beltim dan Belitung sudah sekitar 80 persen lebih, baik eropa maupun asia,” bebernya.

Untuk memeriahkan GMT di Bumi Serumpun Sebalai, lanjut Tajuddin tuan rumah juga akan menggelar beberapa event, baik berskala lokal maupun nasional.

“Dilokasi GMT sudah disiapkan berbagai stand, seperti di Belitung ada tour sepeda peserta dari seluruh Indonesia. Ada juga nanti di Beltim konser Slank, di Bateng ada lomba gasing tingkat nasional dan atraksi seni lokal. Event menarik dijadwalkan tanggal 9 Maret setelah GMT dimulai siang,” tandasnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button