LENSA KRIMINALLENSA TINSNEWS

Pol Air Amankan 6 Ponton TI Apung

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Operasi Patroli Gabungan Direktorat Kepolisian Perairan (Dit-Polair) Baharkam Mabes Polri yang mengerahkan armada Kapal Patroli (KP) Perkakak dan KP Anis Kembang bersama Dit-Polair Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang menerjunkan KP-2009 berhasil mengamankan 6 ponton TI Apung di Sungai Perimping pada Kamis (28/1/2016) siang.

Kasubdit Penegakkan Hukum (Gakkum) Dit-Polair Polda Babel, AKBP Adi Nugraha mengatakan bahwa pihaknya memproses hukum atas hasil dari penertiban TI Apung diwilayah Sungai Perimping Kabupaten Bangka yang ditindaklanjuti dengan penahanan atas 10 Tersangka  dan penyitaan barang bukti berupa pasir timah seberat 75 Kilogram (Kg).

“Tim gabungan melakukan upaya penertiban TI Apung di Sungai Perimping karena berdasarkan keluhan masyarakat yang nampak resah atas aktifitas penambangan ilegal itu. Dalam proses hukumnya diserahkan kepada kita yang menindaklanjuti dengan melakukan penahanan penambang, penyegelan ponton dan penyitaan pasir timah,” ungkap AKBP Adi.

Adapun tindakan hukum yang diambil penyidik Kepolisian, mulai dari menggiring 16 orang penambang untuk diinterogasi yang hasil pemeriksaan hanya 10 penambang saja dijadikan pelaku dan berstatus Tersangka sedangkan 6 penambang lainnya hanya berstatus menjadi saksi.

Selanjutnya penyidik menjerat pelaku Penambangan Liar (Illegal Mining) dengan menerapkan Pasal 161 Undang-Undang Republik Indonesia (UU-RI) Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) dimana ancaman kurungan penjaranya selama 10 tahun dan denda Rp5 miliar.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button