LENSA NASIONALNEWS

Pengamanan pantai di tingkatkan

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Bangka Belitung (Babel) meningkatkan pengamanan di objek-objek wisata khususnya pantai guna memberikan keamanan dan pertolongan darurat apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dengan melibatkan kelompok masyarakat daerah sekitar objek pariwisata dan penjaga pantai.

Kepala Disbudpar provinsi kepulauan Bangka Belitung KA Tajudin mengatakan beberapa kejadian yang menimpa pengunjung sering terjadi di tempat wisata, agar tidak terjadi hal serupa pihaknya bekerja sama dengan kabupaten/kota akan meningkatkan keamanan dengan menempatkan rambu-rambu peringatan maupun mensiagakan penjaga pantai.

“Pada beberapa kabupaten sudah ada lifeguard dan siap jika ada kecelakaan di pantai, kita juga melakukan sosialisasi yang melibatkan club diving dan memberikan bimbingan ke masyarakat ketika ada musibah,” ujarnya saat dihubungi lensababel.com.

Ia mengatakan selain itu pihaknya juga akan melibatkan stake holder terkait baik dari pemerintah maupun dan swasta sebagai pengelola wisata.

“objek wisata kita ini kebanyakan bahari, maka itu pengamanannya memang harus kita tingkatkan, saya mengharapkan pemda setempat bisa memberikan peringatan ketika ombak lagi besar, agar wisatawan bisa mewaspadai dan tidak mandi di pantai,” harapnya.

Sementara Badan Sar Nasional (Basarnas) Pangkalpinang juga rutin melakukan pengamanan dengan berpatroli di wilayah pesisir dan menempatkan sejumlah penjaga pantai serta memberikan pelatihan kepada masyarakat di pantai yang rawan kecelakaan.

“Kita lakukan patroli di wilayah pesisir dan berkoordinasi dengan masyarakat setempat maupun nelayan dengan membekali mereka dasar penyelamatan sehingga ketika terjadi kecelakaan dapat cepat tanggap,” ungkap kepala Basarnas pangkalpinang Deden Ridwansyah.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button