LENSA NASIONALNEWS

Pemda Bateng Agendakan Sholat Gerhana saat GMT

GMT

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) telah mempersiapkan beragam kegiatan untuk menyambut fenomena alam langka Gerhana Matahari Total (GMT) seperti menyediakan fasilitas keagaaman bagi umat muslim yang ingin melaksanakan sholat gerhana yang akan dilangsungkan pada tanggal 9 Maret.

Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan pemerintah akan mengadakan sholat gerhana bagi umat muslim yang akan diimami oleh Ketua MUI Pusat KH DR Ma’ruf Amin yang akan dilaksanakan di titik pusat kegiatan yakni di Pantai Terentang, Kecamatan Koba.

“Rangkaian acaranya banyak, kita juga akan laksanakan sholat gerhana bersama masyarakat khsususnya bagi yang muslim, nanti akan dipimpin ketua MUI Pusat dan rencanya akan dilaksanakan pagi hari,” sebut Erzaldi saat dihubungi lensababel.com.

Selain melaksanakan sholat gerhana matahari pihaknya juga akan mengundang budayawan dan penceramah MH Ainun Najib. Menutur Erzaldi rangkaian kegiatan tidak hanya terfokus pada hiburan saja, melainkan kegiatan-kegiatan religiusitas juga akan difasilitasi.

“Kalau tidak ada halangan, nanti akan ada juga penampilan dari MH Ainun Najib, kita harap semua akan senang untuk menyaksikan GMT di Bateng,” sebut Bupati Incamben ini.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga (Budpaprpora) Bateng, Zaidi saat dikonformasi terkait aktivitas ibadah bagi non muslim untuk menyambut GMT pihaknya menyebutkan belum menyiapkan hal tersebut.

“Karena kan biasanya yang dilakukan hanya sholat gerhana saja, untuk yang lain kita belum siapkan, mungkin ini jadi masukan bagi kita, siapa tau ada juga. Jika memanga ada yang mengajukan selain yang sudah kita rencanakan akan kita fasilitasi asalkan sesuai dan kita bisa akomodir,” sebutnya.

Ia menambahkan semua kegiatan akan dipusatkan di Pantai Terentang, dan akan dimulai sejak tanggal 6-9 Maret mendatang. Akan ada banyak tampilan kesenian dan kebudayaan maupun perlombaan.

“kita pusatkan acara di satu tempat, dan kita sudah persiapkan semuanya, mulai dari kegiatan budaya sampai perlombaan bola api, ini dilaksanakan di Pantai Terentang,” tandasnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close