LENSA NASIONALNEWS

M. Soleh : Akan ada Sekolah Unggulan di Babel

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung (Babel), M. Soleh menyayangkan rencana PT Timah yang akan menghentikan program kelas Unggulan di SMAN 1 Pemali Kabupaten Bangka yang sudah tidak menerima siswa sejak tahun ajaran 2015.

“Kita memang sudah bahas ini melalui DPRD dan Pemerintah Provinsi terkait kelas unggulan yang akan berakhir di tahun 2017 mendatang, tapi kan PT Timah memang beralasan akan mengalihkan jadi kita tidak bisa memaksakan karena mereka juga masih melanjutkan yang sudah ada hingga kelas 12 angkatan terakhir lulus,” ujarnya saat ditemui lensababel.com pada Seni (15/1).

Menurut Soleh pihaknya berencana akan melanjutkan program unggulan namun bukan kelas unggulan melainkan sekolah unggulan untuk menjaring siswa – siswi terbaik di Babel. Hal ini dilakukan agar Babel memiliki barometer pendidikan unggulan.

“Kita sudah ada master plannya, kalau PT Timah membentuk kelas unggulan, kita membentuk sekolah unggulan dengan melibatkan siswa berprestasi dan terbaik di Babel maupun tenaga pengajar yang terbaik,” urainya.

Sekolah unggulan yang rencanya akan di bangun di Kabupaten Bangka ini, diperuntukkan bagi siswa-siswa yang memiliki kemampuan intelektual diatas rata-rata yang berada pada jenjang sekolah menangah Atas (SMA).

“sekolah ini bagi siswa-siswi yang dari segi iq nya tinggi, lahannya sudah disiapkan di Bangka tapi masih banyak yang perlu dipersiapkan karena kita juga harus berkoordinasi dengan pusat juga. Semoga ini cepat berjalan,” ungkapnya.

Soleh menyebutkan sekolah unggulan ini akan ditempatkan di satu komplek yang dilengkapi dengan asrama agar lebih efektif untuk perkembangan pelajar dan pengawasan. Karena menurutnya pelajar yang diasrama akan memiliki daya saing secara sehat untuk berkembang dilingkungannya.

“Kita inginkan anak-anak di sekolah unggulan itu akan kita boardingkan (asrama-Red) jadi anak-anak itu akan semaki bersemangat belajar dan menjadi anak-anak yang terbaik di Babel,” sebutnya.

Soleh belum dapat memastikan terkait bentuk beasiswa yang akan diberikan kepada para pelajar unggulan tersebut karena menurutnya sekolah unggulan ini akan menggunakan dana sharing antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

“Kita berharap dapat bantuan dari pusat dengan sistem dana sharing semoga di tahun 2017 bisa terealisasi namun kita belum bisa pastikan bentuk beasiswanya seperti apa apakah digratiskan secara keseluruhan atau tidak itu nanti tergantung anggaran,” tandasnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button