LENSA NASIONALLENSA TINSNEWS

Gubernur Akui Reklamasi Di Babel Belum Optimal

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Rustam Effendi mengakui reklamasi pertambangan yang dilakukan di Babel belum berjalan secara maksimal hal ini terlihat lahan bekas aktivitas pertambangan belum dikembalikan fungsinya sesuai dengan peruntukkan lahannya.

Menurut Rustam tidak maksimalnya reklamasi ini dikarenakan banyak izin tambang yang belum selesai, sehingga banyak juga reklamasi yang belum dilakasanakan.

Selain itu, Rustam menilai tidak optimalnya reklamasi dikarenakan lemahnya peraturan Undang-Undang (UU) terdahulu dimana penitipan jaminan reklamasi berada di Kabupate/Kota. Ia berharap dengan peraturan baru dimana urusan pertambangan akan diserahkan ke pemerintah provinsi dapat mempertegas pelaksanaan reklamasi.

“Undang-Undang yang baru memang p3d sudah diserahkan, kemudian dana jaminan bukan untuk reklamasi langsung , tetapi setelah operasional baru dan jaminan bisa dilaksanakan, Seperti PT Timah izinnya kan sampai 2025 barangkali itu yang belum maksimal,” ujarnya di Rumah Dinas Gubernur Babel pada Kamis (18/2).

Ia menegaskan setelah kewenangan pertambangan berada di Provinsi pihaknya akan menekankan agar pelaksaan reklamasi paska tambang harus lebih baik. Oleh karena itu pihaknya akan mengupayakan reklamasi untuk kawasan perkotaan terlebih dahulu.

“Harusnya kan besar dana reklamasi itu sesuai dengan jumlah wilayahnya, nanti yang tidak sesuai kita cabut izinnya,” tandasnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button