LENSA NASIONALNEWS

Bangka Tengah siapkan space khusus untuk peneliti GMT

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang- Fenomena Alam Langka Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret mendatang menarik perhatian dari berbagai kalangan khususnya peniliti maupun wisatawan yang ingin menyaksikan langsung fenomena ini. Provinsi Bangka Belitung (Babel) merupakan salah satu daerah yang akan dilintasi GMT, di Babel hanya terdapat dua titik yang akan dilintasi yakni Kabupaten Belitung dan Bangka Tengah (Bateng).

Mengingat langkanya momentum GMT ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) telah menyediakan tempat khsusus bagi peniliti yang akan melakukan penelitian. Kegiatan yang akan dipusatkan di Pantai Terentang kecamatan Koba ini juga menyediakan 10 unit teleskop reflektor yang mampu mereduksi cahaya matahari hingga 10 pangkat lima kali sehingga dapat membuat matahari memiliki kecerahan seperti bulan purnama bagi para peniliti.

“Untuk peneliti kita sediakan ring (kawasan-Red) khsusus yang luasnya kurang lebih 1 KM, tapi tetap di Pantai Terentang cuma kita bikin batasan saja agar mereka tidak terganggu, kita juga sudah siapkan 10 teleskop untuk GMT dan 5500 kacamata yang akan berikan secara gratis,” sebut Bupati Bateng, Erzal Rosman Djohan dalam konfrensi Pers pada (21/2) malam.

Erzaldi menyebutkan sudah ada beberapa lembaga penelitian dalam negeri yang akan melakukan penelitian GMT di Bateng. Untuk lembaga penelitian dari luar negeri masih dalam konfirmasi, oleh karena itu Erzaldi berharap, momentum ini juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keilmuan sehingga diperlukan persiapan yang matang.

“Yang sudah pasti itu ada Boscha, Lipi, Rumah Maung Bandung, Lembaga Palahpiah NU dan Muhamadiyah, yang lain masih dalam konfirmasi terutama yang dari luar negeri. Kita akan bantu untuk para peneliti ini, makanya kita sediakan kawasan khsusus,” sebutnya.

Pemda Bateng juga menyediakan fasilitas informasi 24 jam dan juga transportasi untuk mobilitas para pengunjung pada saat GMT. Selain itu Erzaldi juga berharap para peniliti yang akan datang ke Bateng juga dapat mengenal keanekragaman budaya dan potensi pariwisata di Pulau Bangka khususnya di Bateng.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button