LENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Babel akan olah limbah sawit jadi solar

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Provinsi kepulauan Bangka Belitung kedepan akan memiliki pabrik pengolahan limbah sawit menjadi bahan bakar solar untuk memenuhi kebutuhan pasokan tenaga listrik melalui energi bio diesel yang akan dikembangkan di kabupaten belitung.

Kabid Perkebunan dinas Pertanian perkebunan dan peternakan (Distanbunak) Babel, Zola menyebutkan rencana tersebut sudah dimulai sejak tahun 2015 silam namun saat ini masih dalam tahapan penelitian.

“Selain untuk minyak goreng sawit ini kedepannya kita juga rencananya akan membangun pengolahan sawit menjadi solar,LIPI sudah melakukan survei dan penelitian ke Bangka Belitung,”terang Jumat (5/2).

Ia menjelaskan saat ini kementerian ESDM, BPPT dan LIPI sedang melakukan uji kelayakan dan mengumpul data-data terkait dengan rencana tersebut  yang akan difokuskan di Kabupaten Belitung.

“Ada beberapa provinsi yang diwacanakan akan di bangun pabrik pengolahan limbah sawit menjadi bio diesel ini,Bangka Belitung salah satunya, saat ini mereka lagi melakukan riset dan uji kelayakan serta mengumpul data-data,” ujarnya.

Ia mengatakan beberapa daerah di Bangka Belitung sudah ada yang memanfaatkan limbah cair atau Palm Oil Mill Effluent (POME) ini yaitu SMM belitung, disusul di daerah  tempilang yang saat ini sedang membangun untuk memanfaatkan limbah sawit ini untuk tenaga listrik.

“limbah sawit baik itu limbah cair atau tandang kosong daun dan sebagainya bisa dibuat kompos maupun biogas, mudah-mudahan saja wacana pembangunan tersebut dapat terlaksana sehingga dapat memenuhi pasokan listrik di Bangka Belitung yang memang masih sangat kita perlukan,”ujarnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button