LENSA KRIMINALLENSA NASIONALNEWS

Polda Babel Kerahkan 428 Personil Amankan Aksi IKT

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – 428 personil Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Polres Pangkalpinang membantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Babel dalam mengamankan massa Ikatan Karyawan Timah (IKT) berkekuatan 2.020 orang yang menggelar aksi unjuk rasa di Kantor PT Timah dan Kantor Gubernur Babel pada Senin (25/1).

Dalam aksinya IKT di Halaman Kantor Gubernur Babel guna mengawal pertemuan Gubernur Babel dan Stake Holder termasuk PT Timah untuk mencabut Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan pada 18 Januari No 540/40/DPE tentang pemberhentian sementara operasional kapal keruk di Laut Kelabat, Laut Tempilang dan Laut Matras.

Sedangkan dalam aksi di kantor PT Timah, IKT menuntut agar direksi mengundurkan diri karena dinilai tidak mampu mengendalikan perusahaan sehingga menyebabkan perusahaan berada diambang keterpurukan dan mengancam kesejahteraan karyawan.

Adapun personil yang dikerahkan aparat Kepolisian yakni, 80 personil Direktorat (Dit) Sabhara Polda Babel, 123 personil Brimob, 20 personil Dit-Lantas, 10 personil Dit-Intelkam, 5 personil Dit-Reskrimum, 5 personil Dit Reskrimsus, 150 personil Polres Pangkalpinang dan 35 personil Polres Bangka.

Menurut Kepala Biro Operasi (Karo-Ops) Polda Babel, Kombes Pol Herry Nixon menyatakan Pengamanan (Pam) aksi unjuk rasa IKT dibagi menjadi 2, yakni Pam di Kantor Timah yang secara penuh dibawah pimpinan Kapolres Pangkalpinang, AKBP Heru Budi Prasetyo sedangkan untuk Pam di Kantor Gubernur Babel dibawah kendali Karo-Ops.

“Pam dibagi 2, kantor Timah dan kantor Gubernur. Seluruh peralatan Dalmas disiapkan, mulai dari tameng, helm, tongkat, Body Protector serta pelindung tangan dan kaki. Begitu pula dengan Rantis (Kendaraan Taktis-red) disiagakan, seperti mobil AWC (Armored Water Canon-red), mobil Penerangan serta armada lain guna mendukung jalannya pengamanan,” ungkapnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button