LENSA TINSNEWS

Gubernur bentuk Tim kaji Tambang Laut

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang- Asisten II Pemprov Bangka Belitung (Babel), Budiman Ginting menegaskan pihaknya telah membentuk tim untuk mengkaji permasalahan tambang laut yang meresahkan nelayan terkait dengan beroperasinya Kapal Isap Produksi (KIP) di daerah tertentu.

Pembentukan tim ini merupakan respon pemerintah terhadap aksi unjuk rasa nelayan pada akhir tahun lalu yang mendesak Gubernur untuk mencabut izin penambangan timah di laut dikarenakan merusak lingkungan dan memengaruhi hasil tangkapan nelayan tradisional.

“Gubernur sudah membentuk sudah tim khusus penataan pengusaan tambang timah di wilayah laut di daerah-daerah tertentu, agar dapat ditemukan win win solusion terhadap permasalahan ini,” ujarnya saat ditemui usai menghadiri rapat di Kantor Gubernur Babel pada Senin (11/10).

Ia menjelaskan dalam waktu dekat akan ditemukan solusi terhadap persoalan ini mengingat aspirasi nelayan yang menolak adanya tambang laut ini berpengaruh pada kesejahteraan dan juga tidak bisa memberhentikan secara sepihak para pelaku pertambangan dikarenakan sudah mengantongi izin.

“Mungkin dalam minggu depan sudah ada beberapa solusi karena kita akan melakukan diskusi dengan tim ini, ada beberapa wilayah masyarakat yang tidak menghendaki adanya tambang laut sementara juga perusahaan-perusahaan yang menambang dilaut juga memiliki izin yang sudah lama,” paparnya.

Ia berharap dibentuknya tim khusus untuk pengkajian tambang laut yang melibatkan banyak pihak ini akan segera menemukan solusi. Menurutnya tidak semua nelayan menolak adanya tambang laut oleh karena itu tim ini akan melakukan pengembangan tambang laut di wilayah-wilayah tertentu saja.

“Melalui tim ini kita harus pikirkan dan carikan solusinya. kalau tim tata kelola timah kita kan menyeluruh tapi ini tim khusus untuk pengembangan TI di wilayah-wilayah laut tertentu karena tidak semuanya menolak,” terangnya.

Ia menambahkan pihaknya akan menemui Dirjen Minerba guna menyelesaikan persoalan ini. “Itu tetap di proses kita akan adakan pertemuan tim dan akan didiskusikan akan bertemu dengan dirjen minerba,” tandasnya.

 

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button