LENSA NASIONALNEWS

Tak Laporkan LPPDK Pasangan Calon di Diskulalifikasi

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Fahrur Rozi menghimbau kepada seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati di 4 Kabupaten untuk menyerahkan Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana Kampanye (LPPDK) paling lambat tanggal 6 Desember 2015 puku 18.00 WIB.

Ia menjelaskan jika LPPDK tidak diserahkan pada waktu yang telah ditentukan akan berdampak pada pendiskualifikasian calon Bupati dan Wakil Bupati pada pilkada serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang.

“Saya mengingatkan dan menhimbau pada pasangan calon di 4 Kabupaten paling lambat tanggal 6 ini untuk menyerahkan LPPDK (Laporan Pengeluaran Penggunaan Dana Kampanye-Red) harus diserahkan ke KPU paling lambat jam 18.00 WIB. Mohon para pasangan calon untuk memperhatikan jadwal itu sebab berdampak pada pembatalan calon kalau tidak menyerahkan itu pada tanggal 6,” tekannya saat dikonfirmasi lensababel.com pada Jum’at (4/11).

Ia menambahkan hingga saat ini dari 11 calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati di 4 Kabupaten belum ada yang menyerahkan LPPDK ke KPU Daerah maupun KPU Pusat. Oleh karena itu pihaknya terus mengingatkan hal ini semakin sempitnya waktu untuk menyerahkan lapotan ini. “Sampai hari ini belum ada yang pasangan calon bupati dari 4 kabupaten ini yang menyerahkan LPPDK,” jelasnya.

Fahrur menambahkan pihaknya juga mengingatkan para calon maupun tim sukses untuk tidak melakukan kampanye pada masa tenang yang akan dimulai pada tanggal 6 mendatang. Oleh karena itu pihaknya juga berharap tidak menemui lagi Alat Peraga Kampanye (APK) beredar saat masa tenang.

“Nanti tanggal 6 masa tenang Atribut kampanye itu pada masa tenang harus dibersihkan dan tidak ada lagi dalam bentuk apa pun,” jelasnya.

“Pada masa tenang nanti tentu kita yang membersihkan, kita minta timses untuk itu tapi sama-sama kita lakukan pembersihan atribut kampanye berkoordinasi juga dengan Banwaslu dan pemda untuk sama-sama membersihakn APK,” ujarnya.

Hingga saat ini ia bersama komisioner KPU terus melakukan supervisi di 4 Kabupaten tersebut guna memantau persipan menjelang Pemungutan suara. “Kami akan turun langsung kan ada komisionernya ada yang ke Basel, Babar, Bateng, dan Beltim dari saat ini sudah mulai kita pantau saya ke Babar ini kan tujuannya super visi itu seperti pantau aspek anggaran dan logistik,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada pasangan calon untuk melaksanakan aturan guna menciptakan pemilukada yang aman dan tanpa kecurangan. “Himbauan kepada timses saya menghimbau kepada peserta dan pasangan calon untuk taat aturan, taat hukum, kemudian jangan coba-coba mempengaruhi pemilih dengan politik uang karena itu akan merusak mental kemudian juga merusak masa depan masyarakat itu sendiri,” tandasnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button