LENSA KRIMINALNEWS

Pol Air amankan 3 Ponton TI Apung

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Direktorat Kepolisian Perairan (Dit-Polair) Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyegel 3 unit ponton Tambang Inkonvensional (TI) jenis Apung di perairan Tanjung Gunung pada Kamis (19/11/2015) lalu.

Seijin Direktur (Dir) Polair Polda Babel, Kombes Pol Lukas Gunawan melalui Kasi Gakkum, AKBP Adi Nugraha mengungkapkan pihaknya telah menetapkan 3 Tersangka (Tsk) yang diduga kuat sebagai pemilik TI Apung.

Selain menyegel 3 ponton TI Apung, aparat pun mengamankan barang bukti pasir timah seberat 56 Kilogram (Kg) dari tangan Tsk, terdiri dari Tsk Wilemus dengan pasir timah 26 Kg, Herlan dengan pasir timah 23 Kg dan Bambang dengan pasir timah 7 Kg.

Terbongkarnya aktifitas TI Apung tersebut sewaktu armada Dit-Polair Kapal Patroli (KP) 3001-LCT sedang melaksanakan patroli dalam Rangka Operasi Pertambangan Tanpa Ijin (Ops-PETI) Menumbing 2015.

“Awalnya kapal kita berpatroli di perairan Tanjung Gunung, ternyata menemukan 3 ponton TI Apung yang sedang menambang. Ada 18 penambang yang kita bawa, hasilnya ada 3 saja yang ditetapkan sebagai Tsk dengan barang bukti pasir timah,” beber AKBP Adi.

Selanjutnya penyidik menjerat pelaku Illegal Mining dengan menerapkan Pasal 161 Undang-Undang Republik Indonesia (UU-RI) Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) dimana ancaman kurungan penjaranya selama 10 tahun dan denda Rp5 miliar.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button