LENSA NASIONALNEWS

TKI Asal Babel Mampu Bersaing dengan Tenaga Asing

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Bangka Belitung (Babel) periode Januari hingga November 2015 lebih banyak pada sektor formal, hal ini menunjukkan bahwa TKI asal Babel sudah memiliki keterampilan untuk bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain.

Plt Kepala Badan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Palembang, Mangiring H Sinaga menyatakan data yang dilangsir dari sistem aplikasi Kartu tenaga kerja luar negeri (KTKLN) di wilayah sumsel TKI asal Babel berjumlah 19 orang. Dengan rincian 15 orang yang bekerja di sektor formal dengan jenis kelamin laki-laki dan 4 orang wanita yang bekerja di sektor informal.

TKI asal Babel yang terdata berasal dari 6 Kabupaten yakni 7 orang dari Kabupaten Bangka, 1 orang dari Bangka Barat, 1 orang asal Bangka Tengah, 6 orang dari Belitung, 1 orang asal Belitung Timur, dan 3 orang TKI asal Pangkalpinang.

“Wilayah kerja kami ada 3 provinsi, sumsel (Sumatera Selatan-Red), Bengkulu, dan Kep Babel yang tesebar di 34 kabupten kota, Babel sedikit jumlahnya TKI dibandingkan dengan 2 provinsi yang berada di wilayah kerja lainnya, dari data aplikasi ini jumlahnya hanya 19 orang dan 15 ini bekerja pada sektor formal, ini baik ya itu berarti TKI Asal Babel sudah punya keahlian sehingga mendominasi sektor formal,” jelas Mangiring saat sosialiasi TKI di Kelurahan Pintu air Senin (16/11) Pagi.

Menurut Mangiring 19 orang TKI asal Babel mengikuti prosedural aturan untuk bekerja di luar negeri, ia menambahka TKI asal Babel berangkat secara profesional dan mandiri sehingga dapat dilindungi secara hukum jika dirugikan di negara tempat mereka mengais rezeki.

“Yang pasti 19 orang ini bisa beranngkat secara mandiri dan profesional ada juga yang berangkat dengan mekanisme reentry, sesuai dengan prosedur. Otomatis TKI yang sesuai prosedural akan kami lindungi dan ada asuransinya, yang dari Babel terdaftar secara legal semuanya,” paparnya.

Mangiring menjelaskan tujuan negara TKI asal Babel rata-rata menuju Malaysia dengan kebeberangkatan terbanyak melalui Jakarta. TKI asal Babel kebanyakan bekerja di bidang kelautan sebagai Anak Buah Kapal (ABK), jumlahnya pun sedikit padahal Babel memiliki potensi angkatan kerja yang besar.

“Negara tujuannya yang rata-rata Malaysia, Cara keberangkatannya mereka ini tidak seluruhnya melalui Palembang, ada yang melalui Jakarta dan Batam, untuk Babel rata-rata mereka pintu masuknya melalui jakarta,” ujarnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button