LENSA TINSNEWS

Tak ada kompromi untuk tambang ilegal

Krisyanidayati

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Brigjen Pol Gatot Subiyaktoro menegaskan bahwa pihaknya tidak kompromi terhadap aktivitas ilegal mining yang terjadi di wilayah hukum Babel. Bahkan pihaknya tidak akan segan-segan membakar Tambang Inkonvensional (TI) yang beroperasi tanpa dilengkapi izin.

“Ketika mendapat informasi adanya TI ilegal saya pasti turunkan anggota untuk sidak, termasuk kemungkinan untuk dibakar jika memang tidak memiliki izin yang legal,” Jelasnya usai acara simulasi pengamanan (pam) pemilihan kepala daerah (pilkada) selasa, (3/11).

Terkait dengan informasi PT Timah yang melaporkan pelaku ilegal mining ke Polri ditampik oleh Kapolda Babel karena menurutnya pihaknya selalu menanggapi cepat laporan kegiatan ilegal mining yang dilaporkan secara personal maupun oleh perusahaan termasuk yang dilaporkan oleh PT Timah, bahkan dalam menindak pelaku ilegal mining pihaknya bekerjasama dengan PT Timah, pemda setempat, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Coba periksa dulu apa benar ada laporan, karena gini setiap saat ada surat dari PT Timah pasti kita segera tindak lanjuti bersama sama pemerintah daerah (pemda) setempat, PT Timah dan juga TNI, kami sama-sama tindak pelaku ilegal minning ini,” paparnya.

Ia menambahkan pihaknya memang serius dalam hal penertiban tambang-tambang liar, untuk itu ia menghimbau kepada masyarakat Babel untuk melaksanakan praktik pertambangan sesuai dengan aturan yang berlaku, karena menurutnya aktivitas ilegal mining tidak hanya melanggar hukum namun juga memperparah kerusakan lingkungan.

“Sumber daya alam di babel kan melimpahkan mari kita jaga sebaik-baiknya, mari kita amankan dan lestarikan kalau memang mau diambil harus dilakukan berdasarkan aturan yang berlaku,” tutupnya.

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button