LENSA EKONOMINEWS

Stok Sembako di Babel Aman

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangka Belitung (Babel) memastikan stok bahan sembako menjelang Natal dan Tahun baru sudah aman. Mengingat akan meningkatnya kebutuhan sembako pada dua perayaan ini distributor sudah melakukan antisipasi.

Kepala Disperindag Babel, Yulisman meminta masyarakat agar tidak khawatir dengan stok sembako. Ia menegaskan pihaknya telah turun langsung kelapangan untuk mengecek ketersedian stok sembako. Selama Stok aman maka tidak akan terjadi lonjakan harga untuk kebutuhan pokok.

“Kalau stok saya sudah cek dengan distributor itu banyak, stok beras termasuk gula aman termasuk belitung, tidak ada penaikan harga, jadi masyarakat jangan khawatir,” ujarnya saat ditemui pekan lalu di kantornya.

Yuliswan mengatakan pihaknya telah mengingatkan distributor untuk tetap menjaga stok dengan jumlah yang banyak, mengingat kebutuhan sembako yang berasal dari luar pulau. Ia juga mengantisipasi faktor alam yang dapat menghambat distribusi sembako mengingat akhir tahun sering mengalami gelombang yang besar dan kapal pengangkut sembako tidak bisa berlayar.

“Kita sudah sampaikan ke distributor termasuk bulog cepatlah barang itu di stok, anitisapasi saja kalau gelombang tinggi kan stok kita sudah aman,” ujarnya.

Meskipun gangguan alam menjadi ancaman untuk stok sembako, Yuliswan mengaku tidak khawatir mengingat pemerintah tidak akan memberikan masyarakat Babel sulit untuk mendapatkan sembako, karena distribusi sembako bisa dilakukan dengan jalur udara jika memang gelombang tinggi.

“Kita sudah antispasi kalaupun gangguan alam itu terjadi pemerintah juga ada bantuan dari pusat mislanya melalui pesawat herkules, tidak mungkinlah kita biarkan masyarakat sulit mendapatkan sembako,” tuturnya.

Ia menambahkan mayoritas kebutuhan sembako di Babel memang dipasok dari luar Pulau Babel dan pada umumnya didistribusikan melalui kapal. Menurutnya saat ini sudah ada pelabuhan yang lebih dekat dan aman untuk membawa sembako.

“Jadi gini kita kan aman sekarang pery lancar dari pelabuhan Tannjung Api-Api di Palembang, kalau dulu kan hanya melalui mentok mendaratnya kan subuh, ini kadang-kadang jam 4 langsung bawa ke pasar di bongkar,” tandasnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Check Also
Close
Back to top button