LENSA TINSNEWS

PT Timah berharap BUMD Akomodir rakyat penambang

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Direktur PT Timah Tbk, Sukrisno menjelaskan bahwa pihaknya belum menginventarisasi rakyat penambang yang ingin bermitra dengan PT Timah. Kemitraan yang dilakukan dengan sistem pembinaan dan penataan yang diwadahi oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD),

Oleh karena itu ia berharap agar BUMD mampu mengakomodir rakyat penambang.

Menurut Sukrisno dalam pertemuan Forum Pimpinan Mineral dan Batu Bara Indonesia II pola kemitraan antara PT Timah dengan masyarakat menjadi bahasan utama sebagai jalan untuk menertibkan ilegal mining sekaligus membina masyarakat untuk dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat.

“Sudah dibahas dalam kegiatan ini, apalagi banyak pihak yang hadir dan punya presepsi yang sama untuk menentukan pertimahan di Babel dan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat,” jelas Sukriso usai konfrensi pers pada Sabtu (8/11).

Sukrisno menambahkan melalui wadah BUMD menjadi langkah yang efektif untuk mengurangi tambang ilegal dan rakyat dapat menambang dengan legal, dalam prosesnya nanti semua akan diperlakukan sama yang sudah terdaftar di BUMD akan dapat menambang di Izin Pertambangan PT Timah dan hasilnya dapat dibeli oleh PT Timah.

“BUMD itu akan mitra PT Timah yang nantinya akan mengkoordinir rakyat karena PT Timah tidak bisa bekerjasama dengan perorangan. Nanti BUMD Provinsi yang akan mengakomodir BUMD daerah. Saya katakan pada Pak Gub melaui BUMD ini menjadi lebih efektif karena semua diperlakukan sama untuk bisa menambang,” jelasnya.

Terkait pola kemitraan Sukrisno menjelaskan pihaknya memprioritaskan masyarakat Babel, masyarakat diluar Babel masih belum diutamakan karena sumbernya berasal dari Babel sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan Babel.

“yang kami dahulukan tentunya yang memenuhi persyaratan masyarakat Babel, sumbernyakan ada di Babel, jangan didahulukan dari luar, dengan ini kan masyarakat bisa menambang di IUP PT Timah sekaligus dibina,” ujarnya.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button