LENSA NASIONALNEWS

Babel Deklarasikan Optimaliasai Pengawasan Orang Asing

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang serta 4 Kabupaten di Babel mendukung kegiatan optimalisasi pengawasan bagi orang asing di wilayah kerja kantor Imigrasi Kelas 1 Pangkalpinang, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Babel.

Dukungan tersebut ditandai dengan deklarasi semangat kerja ayo bersinergi untuk melaksanakan pengawasan orang asing dalam rangka penegakan hukum keimigrasian guna meningkatkan investasi yang berwawasan lingkungan yang dilaksanakan di Baallroom Novotel Bangka, Rabu (11/11) malam.

Kegiatan Optimalisasi pengawasan orang asing di Babel dideklarasikan banyak pihak yakni Pemprov termasuk melibatkan Walikota Pangkalpinang dan 4 Kabupaten di Babel dan Kapolda Babel. Selain itu, Imigrasi juga melakukan Memorandum of Understanding (Mou) dengan Pemkot Pangkalpinang dengan Walikota tentang optimalisasi laporan POA berbasis website di Kota Pangkalpinang.

Menurut Direktorat Jendral Imigrasi Ronny F.Sompie mengapresiasi kegiatan deklarasi sebagai upaya untuk menyatukan persepsi dan sikap dalam upaya melakukan pengawasan orang asing di Babel. Ia mengakui Kanwil Kemenkumham Babel menjadi pelopor dalam kegiatan yang mendorong untuk optimalisasi pengawasan orang asing.

“Kami sangat mengapresiasi atas dilaksakannya kegiatan deklarasi semangat ayo kerja bersinergi yang telah dilakukan di Bangka Belitung ini. Karena kegiatan ini juga sebagai komitmen bersama yang pertama kali dilaksanakan di seluruh Kanwil Hukum dan Ham dan Imigrasi yang ada di Indonesia,“sebutnya.

Ronny mengaku sangat bangga kepada seluruh instansi yang ada di Babel akan inovasi yang dilakukan Walikota Pangkalpinang dan jajarannya untuk melibatkan masyarakat Pangkalpinang melakukan pengwasan orang asing dengan melibatkan kelurahan-kelurahan untuk memberikan laporan POA berbasis website sehingga menjadi mampermudah pihaknya untuk memonitoring keberadaan orang asing di Pangkalpinang.

“Ini inovasi baru, dan saya berharap bisa diikuti seluruh provinsi di Indonesia, melalui laporan POA yang berbasis website ini memberikan kemudahan bagi banyak orang termasuk kami dalam mengawasi, hal seperti ini perlu ditiru karena masyarakat dilibatkan secara langsung dan hasilnya tentu semakin optimal,” terangnya.

Mantan Kapolda Bali ini juga berharap semoga kegiatan ini juga tidak hanya sekedar menjadi agenda seremonial semata, namun sebuah komitmen bersama untuk mengawasi orang asing sesuai dengan tugas pokok intansi masing-masing termasuk juga oleh peran serta masyarakat dan media massa dalam membumikan komitmen ini.

“Kegiatan ini dalam rangka mendukung upaya pengawasan terhadap orang asing yang harus melibatkan banyak instansi guna menciptakan sinergisitas sehingga semakin optimal dalam pengawasan orang asing,” kata Ronny.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button