LENSA KRIMINALNEWS

70 Persen Target Operasi Timah Ilegal Tercapai

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – 70 persen Target Operasi (TO) Pertambangan Liar (Illegal Mining) telah berhasil diamankan selama Operasi Pertambangan Tanpa Ijin (Ops-PETI) Menumbing 2015 berlangsung.

“Sejauh ini sudah 70 persen target operasi PETI berhasil ditangkap, harapan saya tetap 100 persen misi kita berhasil menindak TO Illegal Mining. Seluruh hasil tangkapan Ops PETI harus segera diekspos dan dipublikasikan agar para penambang berpikir dua kali untuk menambang secara liar,” tekan Kapolda.

Ia menambahkan meskipun Ops PETI telah usai, pihaknya akan terus melakukan penertiban apabila masih ditemukan aktivitas pertambangan liar di wilayah hukum Babel. “Walaupun Ops PETI berakhir bukan berarti penambangan liar tidak kami amankan, kami akan terus lakukan penertiban,” ujarnya

Kapolda dan jajarannya menunjukkan keseriusannya dan konsistensinya dalam menertibkan aktifitas tambang ilegal yang merugikan negara maupun lingkungan. Penertiban tidak hanya dilakukan saat operasi Peti saja. selama periode Januari hingga Oktober tahun 2015 Polda Babel dan jajaran berhasil menyelesaikan 27 kasus Pertambangan Liar dari 36 laporan dengan persentase pengungkapan mencapai 75%.

Bahkan Polda Babel pun sudah mengajukan kebutuhan anggaran pelaksanaan Ops PETI melalui Daftar Usulan Kegiatan (DUK) Anggaran Rencana Operasi (Ren-Ops) tahun 2015 yang dikucurkan dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Biro Operasi sebesar Rp420.383.000.

Normalnya dalam Ops PETI Menumbing terdapat 7 Tim Satuan Tugas (Satgas) yang dikerahkan dalam operasi dengan sasaran aktifitas Pertambangan Liar (Illegal Mining) tersebut, meliputi Satgas Deteksi, Satgas Preemtiv, Satgas Tindak I, Satgas Tindak II dan Satgas Ban-Ops.

Tak jarang dalam operasi pun dilaksanakan pada masing-masing Polres jajaran selama 12 hari, mengingat pada tahun-tahun sebelumnya Polda Babel mengerahkan sebanyak 280 personil yang tergabung dari tiap Polres. Tujuan utama digelarnya operasi ini yakni menghentikan segala praktik tambang liar dan mengembalikan kelestarian lingkungan hidup dan ekosistem.

Penulis : Krisyanidayati

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button