NEWS

Lanal babel bantah “kecolongan”

Krisyanidayati

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Komandan Utama Pangkalan Angkatan Laut (Danlantamal) III Brigjen (Mar) Jendral RM Trusno membantah jika pihaknya kecolongan terkait penangkapan pasir timah oleh bea cukai di perairan Kepulauan Riau yang diduga berasal dari Bangka Belitung (Babel) awal bulan lalu.

“Tidak, itu tidak kecolongan itu merupakan bentuk sinergi kita dengan bea cukai,” ujarnya usai sertijab Danlanal Babel dari Kolonel Hendra ke Lektkol Teguh Gunawan di halaman Kantor Gubernur Provinsi Babel Senin, (26/10).

Trusno menjelaskan dalam menjalankan tugas TNI selalu bekerjasama sengan dengan instansi-instansi terkait, adanya penangkapan ini merupakan bentuk sinergitas dan  koordinasi antara aparat berjalan dengan baik.

“Kita saling mengisi dan bekerja sama, baik itu dengan KKP maupun dengan bea cukai,” Lanal Babel tidak kecolongan atau bukan tidak bisa bertugas tapi itu semua sebagai bentuk kerjasama dan saling mengisi,” jelasnya.

Trusno menegaskan pihaknya tidak kecolongan terkait penangkapan dugaan penyelundupan pasir timah iKepulauan Riau (Kepri) sebanyak 15 ton oleh bea cukai Kepri. Menurutnya terkait penangkapan timah oleh Bea Cukai Kepri proses hukumnya di serahkan kepada Bea Cukai Kepri. Pasir timah tersebut diduga akan diselundupkan ke Malaysia.

“Tidak kecolongan pasir timah yang 15 Ton tu, mengenai kelanjutannya Itu hak mereka, mereka yang ungkap dugaan penyelundupan pasir Timah dari Bangka ke Malaysia,” ungkapnya.

Saat upacara  Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Lanal (Danlanal) Babel dari Kolonel Laut (P) Hendra Kesuma kepada Letkol Laut (P) Teguh Gunawan di halaman Kantor Gubernur Provinsi Babel pada Senin (26/10). Danlantamal III memberikan pesan kepada Danlanal Babel yang baru.

“Kepada pejabat yang baru untuk meningkatkan tugasnya terutama dalam hal penyelundupaan pasir timah dan ilegal fishing, tentunya hal ini rentan akan penyelundupan, Apapun bentuknya penyelundupan itu harus ditindak,” tegasnya.

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button