NEWS

Ekspor Pipa Timah meningkat 1000 persen

Krisyanidayati

Lensa Bangka Belitung, Pangkalpinang – Ekspor pipa timah DKI Jakarta tahun 2015 meningkat 1000 persen dibandingkan dengan tahun 2014. Ditengah melesunya harga timah dunia, DKI Jakarta mampu mengekspor timah dalam bentuk pipa ini dengan jumlah yang fantastis. 

Data Badan Pusat Statistik merilis volume ekspor pipa timah dari DKI Jakarta meningkat significan pada 2015. Pasalnya dalam kurun waktu Januari – Mei 2015, ekspor timah dari DKI Jakarta mencapai 3.205.000 kilogram. Sedangkan 2014 pada periode yang sama volumenya hanya sebesar 341.342 kilogram. Hal ini menunjukkan kenaikan eskpor sebesar 1000 persen.

Saat terjadi ekspor besar – besaran pipa timah dari DKI Jakarta, volume ekspor timah batangan dari Bangka Belitung menunjukkan angka nol atau sama sekali tidak ada ekspor. Berdasarkan data tersebut banyak pihak yang mempertanyakan lonjakan ekspor pipa timah yang fantastis tersebut.

Ketua Harian Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI), Eka Mulya mengatakan pemerintah DKI Jakarta harus melakukan penyelusuran mengenai peningkatan volume ekspor mengingat DKI Jakarta. Menurutnya timah yang keluar dari Bangka Belitung (Babel) perlu diketahui rekam jejaknya karena dengan volume yang sangat besar tersebut perlu diketahui kegunaanya.

“Pemerintah DKI seharusnya menelusuri karena DKI bukan daerah penghasil timah, pipa timah yang jumlahnya besar mau digunakan untuk apa? Apakah perusahaan – perushaan ini mengantongi surat izin perdagangan antar pulau (SIPAT) untuk mengirim timah antar pulau atau tidak,” Ujar Eka Mulya Putra, Selasa (13/10) saat dihubungi melalui telpon.

(alp)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button